Ad Code

Tingkatkan Kemampuan, SBB Polres Banjar Berlatih Ilmu Beladiri Polri

Guna meningkatkan kemampuan perorangan dalam mendukung operasional Kepolisian, Polwan Polres Banjar yang tergabung dalam Unit Patroli Srikandi Banjar Bungas (SBB) melakukan latihan beladiri Polri, bertempat di Gedung Tribrata Polres Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (11/9/2017).

Latihan dimaksudkan guna dapat menanggulangi jenis gangguan Kamtibmas yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu di wilayah hukum Polres Banjar, khususnya ketika personil Polwan Polres Banjar yang juga merupakan personil Srikandi Banjar Bungas melaksanakan patroli. Bertindak selaku pelatih Aiptu Ipik Samin Hadi, anggota Satuan Sabhara Polres Banjar.

Makna Beladiri Polri adalah, "suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok untuk mempelajari tehnik-tehnik, keterampilan yang berguna untuk membela diri apabila ada serangan dari musuh atau lawan yang berusaha mencederai pada kita atau orang lain,” ucap Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H.,S.I.K.,M.H.

Masih menurut AKBP Takdir Mattanete, dalam beladiri juga diajarkan tentang kedisiplinan. dalam latihan bela diri tentu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, seperti harus datang latihan tepat waktu, mengikuti petunjuk pelatih, memakai seragam, harus bekerjasama dengan murid-murid lainnya, saling menghormati, menolong sesama, tidak dibolehkan menyalahgunakan kemampuan, dan lain sebagainya.

"Hal-hal seperti inilah yang akan meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab personil Polri terhadap segala sesuatu, bukan hanya dalam bela diri saja,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolres Banjar, beladiri Polri dinilai sangatlah penting, karena melihat situasi dilapangan dalam pelaksanakan tugas Kepolisian sangat dekat dengan hal-hal yang membahayakan bagi diri anggota pribadi maupun masyarakat.

"Oleh karena itu, setiap anggota harus dibekali kemampuan bela diri untuk melindungi dirinya maupun orang lain guna menghindari adanya korban,” lanjut Nette Boy sapaan akrab Kapolres Banjar.

Aiptu Ipik menambahkan, dalam latihan hari ini, personil Srikandi Banjar Bungas diberikan kembali materi tentang cara memukul, menendang, menyerang, menghindar dan menangkis.

“Pada dasarnya yang saya latihkan ini merupakan hal yang sebelumnya sudah pernah mereka dapatkan ketika menjalani pendidikan dasar Polri,” ucap Aiptu Ipik yang memegang DAN-I Judo serta DAN-I Beladiri Polri.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu